Tuesday, April 16, 2013

Perkembangan mouse




MOUSE

Kita semua sudah pasti tahu apa itu mouse/tikus, tapi ini bukan hewan melainkan alat yang digunakan untuk menggerakkan cursor pada komputer. Mouse berkembang cukup cepat mengikuti kebutuhan penggunanya. Mulai dari yang berkabel hingga nirkabel, dari mekanik hingga laser. Namun teknologi mouse ini sudah semakin di tinggalkan seiring munculnya toucpad dan layar sentuh / touchscreen. Meski begitu, pengguna mouse masih cukup banyak terutama para gamer
Soal sejarah dari mouse sendiri sebelumnya disebut trackball yang merupakan proyek rahasia militer kemudian secara independen dibuat oleh Douglas Engelbart sebuah prototype mouse dari kayu dengan satu tombol untuk menentukan X dan Y pada sebuah layar komputer. Perlu diketahui, komputer personal pertama yang menggunakan mouse adalah Xerox 8010 Star Information System, kemudian berlanjut pada computer Macintosh 128k dengan mouse Lisa. Sejarah lebih lanjut di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Mouse_(computing).
Kembali ke perkembangan teknologinya, tujuan utama dari mouse adalah menggerakkan cursor dan menentukan pilihan pada layar berdasarkan posisi X dan Y. Berikut perkembangan teknologi mouse.
1. Mouse Mekanik
Merupakan mouse pertama yang digunakan untuk komputer personal pada tahun 1970an. Mouse yang digerakkan dengan sebuah bola ditengah dan dihubungkan ke penggerak X dan Y. Saat itu pertama kali digunakan pada komputer Xerox PARC. Penggunaan mouse jenis ini berlangsung cukup lama dengan perkembangannya dibagian tombol dan kabel. Hingga tahun 1998, saya sendiri masih menggunakan mouse mekanik dari Logitech dengan 3 tombol dan menggunakan kabel RS-232C Serial Port dan kemudian jenis kabel dari mouse mekanik ini berkembang sampai menggunakan USB (pada Apple menggunakan ADB). Merupakan teknologi terakhir yang dimiliki oleh mouse mekanik. Meski mouse optikal telah ditemukan namun perkembangan di pasaran masih belum ada.
2. Mouse Optikal dan Laser
Mouse optik kemudian muncul di pasaran pada tahun 2000an, sekarang tidak menggunakan bola lagi melainkan lampu LED. Kita tahu mouse optik memanfaatkan led yang terpasang di bawahnya untuk mendeteksi gerakan. Perkembangan dari mouse optik yang terakhir menggunakan Blue Led (mouse dari Microsoft) dan Laser. Selain itu cara menyambungkan dengan PC sudah mulai berkembang. Yang sebelumnya mouse mekanik hanya sampai di USB. Kini mouse optik menggunakan teknologi nirkabel dengan memanfaatkan IrDA, radio freq. dan bluetooth. Kelemahannya adalah tidak semua perangkat mouse optik dapat digunakan di semua permukaan. Seperti laser contohnya, tidak dapat digunakan dipermukaan kaca.
3. Mouse Inersia dan Gyro
Mouse ini jarang sekali digunakan dan dipasarkan mungkin karena kurang diminati. Mouse ini juga disebut dengan “air-mice” karena tidak menggunakan permukaan untuk menggerakkannya. Penggerakkan cursor dengan memanfaatkan accelerometer. Kenyataannya gagal memenuhi pasar komputer, teknologi accelerometer lebih banyak digunakan diperangkat smartphone saat ini.
4. Mouse 3D
Mouse dengan 3 arah yaitu X, Y dan Z, saat ini digunakan oleh Wii Remote dengan memanfaatkan kamera inframerah yang dapat menentukan jarak dari Remote tersebut.
5. Tactile Mouse
Mouse yang paling jarang bahkan tidak ditemukan, jenis mouse ini memberikan feedback kepada penggunanya. Biasanya digunakan oleh tunanetra.

No comments:

Post a Comment